468x60
Kamis, 05 Februari 2015

PERINTAH PADA TOOLBAR MICROSOFT EXCEL 2007

        Perintah Toolbar Pada Microsoft EXCEL


Gambar Toolbar pada Microsoft excel 2007
Toolbar merupakan kotak yang berisi tombol-tombol untuk mempercepat proses pekerjaan yang Anda lakukan. Umumnya tombol-tombol ini dikenal dengan istilah shorcut sebagai perintah cepat/jalan pintas dari sebuah pilihan menu. Microsoft Excel 2007 memiliki tab menu berikut.

1) Tab Home







Tab home berisikan perintah-perintah standar .
Elemen tab Home terdiri dari submenu berikut.
a) Clipboard

Kegunaan dari submenu clipboard adalah untuk menampung/ menyimpan data sementara hasil copy atau hasil pemotongan data. Dalam submenu ini terdapat perintah-perintah dalam bentuk ikon (tombol).
b) Font

Submenu Font terdiri dari kumpulan beberapa tombol seperti pada tabel berikut.
c) Alignment

Submenu Alignment terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.

d) Number

Submenu number terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.
e) Styles

Submenu Styles terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.
f) Cells

Submenu Cells terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
g) Editing

Submenu Editing terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.

2) Tab Insert


Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, modelmodel grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut.
a) Tables
Nama dan fungsi submenu Tables terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
b) Illustrations
Nama dan fungsi submenu Illustrations terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
c) Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.

d) Text, digunakan untuk membuat tex box, menyisipkan header and footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.

e) Link, Digunkan untuk menyisipkan Link pada Lembar kerja

3) Tab Page Layout





Tab page Layout digunakan untuk mengatur data, bagian dari tab ini adalah sebagai berikut.
a) Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak, dan efek huruf.

b) Page Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), model dokumen (orientasi kertas), mengatur ukuran kertas (size), mengatur area pencetakan (print area), mengatur penggalan halaman (page break), memberi background dokumen, dan mencetak/memberi judul tabel.

c) Scale to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.

d) Sheet Option, digunakan untuk menampilkan garis bantu serta heading suatu data.

e) Arrange, digunakan untuk mengatur tata letak gambar serta perataan, group, dan rotasi gambar.

Tab Layout Arrange

4) Tab Formula, digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi text, format keuangan, fungsi tanggal, dan waktu).


Tab Formula

5) Tab Data

Tab data digunakan untuk memasukkan data eksternal, merefresh data. Pada bagian Sort dan Filter digunakan untuk mengurutkan dan memfilter/menyaring data. Di bagian Data Tools digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses grup dan melepas grup suatu data serta membuat subtotal.

6) Tab Review

Tab Review digunakan untuk mengeja kesalahan tata bahasa, pemberian komentar, serta penguncian data (keamanan data).

7) Tab View

Tab View digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur ukuran tampilan lembar kerja dalam layar, serta pengaturan jendela lembar kerja.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top